Membangun Kedekatan Lewat Buku Anak

Menjadi orang tua di era modern seperti sekarang ini memang banyak tantangannya, selain karena factor kebutuhan ekonomi yang mendesak, juga karena berbagai kesubukan penting lainnya yang mesti dilaksanakan. Karena itulah banyak orang tua yang mengabaikan anaknya, kurang memperhatikan kebutuhan anak terutama kebutuhan psikologis anak yang semestinya perlu bimbingan dan arahan yang benar. Emosional anak yang terarah sangatlah penting, mengingat betapa khawatirnya pergaulan masa kini yang serba modern dan cenderung liberal. Jika orang tua tidak dapat memenuhi kebutuhan anak terhadap kedekatannya dengan orang tua, maka jangan salahkan jika mereka salah bergaul ataupun kurang respek terhadap anda. Walaupun di rumah terdapat berbagai fasilitas seperti peralatan bermain, pakaian, makanan, ataupun buku anak, tapi tetap kedekatan antara orang tua dan juga anak mesti terjalin sedekat mungkin, agar anak merasa dirinya dihargai, diperhatikan, dan dicintai dengan penuh kasih sayang dari kedua orang tuanya.

 

Tugas mengasuh anak bukan saja tugas seorang ibu, tapi ayah dan juga ibu harus saling melengkapi dalam mendidik anak dan menyayanginya. Tidak sedikit juga orang tua yang keduanya tidak memiliki waktu yang lama untuk anaknya karena alasan kesibukan pekerjaan, dan ketika hari libur pun dipergunakan untuk berkumpul bersama teman dan kerabat, sehingga anak merasa kurang diperhatikan dan merasa asing dengan orang tuanya. Tuntutan pekerjaan memang tidak dapat diabaikan, karena darisanalah kita bisa menghidupi keluarga, namun perlu diingat bahwa kita bekerja adalah untuk kebahagiaan mereka. Maka sedikit apapun waktu bersama keluarga, manfaatkanlah waktu tersebut untuk berkumpul dan bercanda ria bersama sang buah hati tercinta agar mereka merasa benar-benar diperhatikan oleh orang tuanya. Salah satu hal yang biasa dilakukan untuk mendekatkan diri dengan anak adalah membacakan mereka cerita. Cara ini biasa dilakukan oleh para orang tua zaman dahulu kepada anaknya sebagai pengantar tidur ataupun mengisi waktu luang, namun dari cerita tersebut terselip banyak manfaat bagi perkembangan anak diantaranya yaitu :

 

  1. Meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi anak

Ketika anak mendengarkan cerita yang dibacakan oleh orang tuanya, maka saat itu juga otak anak telah menangkap beberapa kosakata baru. Dan ketika ada kata yang baru atau kurang dipahami oleh anak, maka anak akan segera bertanya kepada orang tuanya tentang maksud dari kata tersebut sehingga terjadi diskusi. Dengan begitu, maka kemampuan anak dalam berbahasa akan terus bertambah karena selain kata baru juga ada banyak kata yang diulang-ulang sehingga mereka paham cara menempatkan kata yang benar. Kemudian komunikasi terjalin dengan lebih lancar ketika mereka berdiskusi. Anak akan lebih berani untuk bertanya dan mengungkapkan pendapatnya saat berdiskusi dengan orang tua. Dengan begitu, maka akan terjalin kedekatan yang lebih akrab antara anak dan orangtua.

 

  1. Meningkatkan daya imaginasi dan kecerdasan emosi

Melalui cerita maka kemampuan anak dalam berimaginasi akan semakin kuat. Mereka akan membayangkan apa yang diceritakan oleh orang tuanya. Selain itu, kecerdasan emosional juga akan bertambah, dimana mereka akan banyak belajar tentang berempati, simpati, dan bisa memotiviasi diri untuk menjadi yang lebih baik dalam kehidupan.

Selain kedua hal tersebut diatas, masih banyak manfaat lain dari membacakan cerita bagi anak. Nah bagi anda yang membutuhkan buku anak baik seri cerita bergambar ataupun biasa, maka anda bisa memesannya secara online di elevenia.com, karena disana terdapat banyak pilihan buku khusus untuk anak. Dapatkan harga menarik dan manfaat dari buku yang anda beli. Semoga bermanfaat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*